© All rights reserved 2023. Powered by visualkonten.com

Keunggulan dan Jenis Baja sebagai Material Konstruksi

Berbeda dengan besi yang merupakan material alami yang terbuat dari unsur Fe (Ferrum), baja merupakan material buatan (logam paduan). Logam besi berfungsi sebagai unsur dasar untuk dicampur dengan beberapa elemen lainnya, seperti karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, serta sebagian kecil oksigen, nitrogen dan alumunium. Sedangkan yang dimaksud dengan baja untuk konstruksi adalah struktur yang terbuat dari kombinasi terorganisir dari baja struktural yang diatur dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan konstruksi.

Berdasarkan komposisinya, baja dibedakan menjadi beberapa jenis:

  1. Baja Karbon. Terbagi menjadi beberapa klasifikasi lagi sesuai dengan jumlah karbon yang menyusun baja tersebut, yakni baja karbon rendah, menengah, dan tinggi.
  2. Baja Paduan. Baja yang sudah mendapatkan tambahan unsur tertentu. Penambahan unsur tersebut salah satunya bertujuan untuk menaikkan sifat mekanik baja pada temperatur yang rendah, serta meningkatkan daya tahan baja terhadap reaksi kimia (dalam hal ini oksidasi dan reduksi).
  3. Baja Paduan Khusus (Special Alloy Steel). Baja yang mengandung berbagai logam, misalnya nikel, chromium, mangan, molybdenum, tungsten, dan vanadium. Penambahan logam tersebut ke dalam baja akan mengubah sifat mekanik dan kimia baja menjadi lebih keras, kuat, dan ulet.
  4. High Speed Steel. Baja ini memiliki kandungan karbon sekitar 0,7%-1,5%. dan penggunaannya sebagai alat potong, seperti drills, milling cutters, reamers, dan sebagainya. Tujuan penggunaan high speed steel karena alat-alat potong yang terbuat dari baja jenis ini memang memiliki kecepatan saat dioperasikan, bahkan lebih cepat hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan penggunaan dari baja karbon.

Sedangkan berdasarkan penggunaannya, jenis baja dibedakan menjadi:

  1. Baja konstruksi. Jenis baja konstruksi mengandung karbon kurang dari 0,7% C. Jenis baja ini digunakan untuk konstruksi bahan bangunan.
  2. Baja perkakas. Jenis baja perkakas mengandung karbon lebih dari 0,7% C. Berfungsi sebagai perkakas, maka baja jenis ini harus memiliki sifat yang tahan pakai, tajam, mudah diasah, tahan panas, kuat, dan ulet.

STRUKTUR BAJA
Ada beberapa kelebihan struktur baja, antara lain:

  • Pemasangan Cepat
    Akibat struktur atau komponen baja diproduksi di pabrik, maka tingkat akurasi ukurannya bisa diandalkan sehingga dapat mempercepat proses pemasangan. Di samping itu, juga memungkinkan pemantauan menggunakan manajemen dengan perangkat lunak untuk menyelesaikan pemasangan dengan lebih cepat.
  • Fleksibilitas
    Penggunaan struktur baja lebih fleksibel terhadap aplikasi terbaru, kondisi pembebanan, kemudahaan dalam ekspansi secara vertikal dan dapat diubah sesuai keinginan pemilik. Faktor ini yang tidak dapat dilakukan oleh sistem perangkaan lainnya.
  • Hemat Biaya
    Bangunan yang menggunakan konstruksi baja tidak membutuhkan papan-papan tripleks, seperti halnya yang digunakan saat menggunakan beton cor sehingga konstruksi bangunan yang menggunakan baja lebih murah dan hemat biaya dibandingkan dengan beton cor.
  • Kualitas Lebih Terjamin
    Baja yang dibuat di pabrik sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dibandingkan dengan beton cor sehingga mengurangi resiko komponen baja yang tidak sesuai dengan kualitas spesifik yang diinginkan.
  • Ramah Lingkungan
    Jika dibandingkan dengan material kayu, penggunaan material baja ringan ini lebih ramah lingkungan. Hal tersebut karena material kayu sering diganggu rayap sehingga memerlukan perawatan atau bahkan penggantian menyeluruh pada jangka waktu tertentu.
  • Kesehatan dan Keselamatan
    Berdasarkan survei di bidang industri, secara konsisten menunjukkan bahwa struktur baja adalah solusi konstruksi yang paling aman. Hal tersebut disebabkan karena struktur baja di produksi di pabrik dan dipasang dengan cepat di lokasi konstruksi oleh tenaga terampil, maka tidak menyebabkan pencemaran debu atau kebisingan dalam proses pemasangannya.

Di antara banyak keunggulan tersebut, tentunya baja pun memiliki kekurangan. Salah satunya kenyataan bahwa baja mudah terserang korosi dan karat. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan beberapa proses perlindungan baja, di antara lain sebagai berikut:

  1. Tarring, yaitu pelapisan permukaan baja menggunakan gas batu bara (coal tar) dengan proses temperatur tinggi sehingga gas terserap sedikit di permukaan baja.
  2. Galvanizing, yaitu pelapisan permukaan baja dengan seng, dilakukan dengan cara baja direndam dalam cairan seng.
  3. Electroplating, yaitu pelapisan permukaan baja dengan cara elektrolisa partikel-partikel perak, nikel, dan sebagainya.
  4. Painting, yaitu pelapisan permukaan baja dengan cat.
  5. Metal spraying, yaitu pelapisan permukaan baja dengan gas atau cairan seng atau aluminium atau timah dengan cara disemprot.
  6. Casing, yaitu pelapisan permukaan baja dengan membungkus atau menyelubungi baja dengan beton.

Comments.

  • Harry Davidson

    Fruit man saying itself open were. Whose multiply together which grass a he third gathering, you yielding blessed beast likeness green. Two kind can\’t divided said stars darkness isn\’t called.

    • Jessica Reed

      Herb is sixth fruitful one multiply fruit won\’t she\’d fowl you, creepeth. To give great a. Open after a won\’t. Sea image.

Leave a Comment.