© All rights reserved 2023. Powered by visualkonten.com

Jenis Baja Sering Dipakai, Simak Pengertian dan Keunggulannya yang Perlu Diketahui

Jenis baja adalah salah satu bahan bangunan yang sering dipakai untuk berbagai kebutuhan. Baja sangat bermanfaat untuk membangun bangunan juga berfungsi untuk kehidupan sehari-hari. Baja dibentuk dan dibuat dari tangan manusia dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di sekitar. Baja adalah bahan bangunan yang sangat kokoh dan menjadi pilihan banyak orang.

Meskipun demikian, baja tidak hanya ada satu jenis. Ada beberapa jenis baja yang sering dipakai untuk membangun sebuah bangunan. Selain itu, untuk mengetahui seluk beluk tentang baja, maka perlu diketahui pengertian, jenis, dan keunggulan baja.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini Merdeka.com merangkum informasi tentang jenis-jenis baja, pengertian dan keunggulan baja yang perlu diketahui.

Pengertian Baja

Baja dikenal sebagai bahan baku konstruksi baik pada bidang industri dan keseharian. Baja merupakan perpaduan antara ikatan logam dengan arti besi, yang berperan sebagai unsur utama dan karbon sebagai unsur paduan utama. Karbon pada baja berperan sebagai unsur pengerasan yang berguna pada sisi kristal atom besi.

Baja adalah bahan dasar yang sangat vital. Bahan-bahan keseharian juga banyak menggunakan baja sebagai bahan dasarnya. Mulai dari peralatan rumah, transportasi, generator pembangkit listrik, kerangka gedung, jembatan, sampai peralatan tempur, semuanya menggunakan baja.

Semua benda-benda sehari-hari yang biasa kita gunakan, sebagian besar menggunakan logam. Maka dari itu, informasi tentang baja ini menjadi sangat penting untuk diketahui lebih lanjut.

Jenis-jenis Baja yang Sering Dipakai Sehari-hari

Baja merupakan bahan yang sudah sangat lama ditemukan dan dipakai sebagai bahan konstruksi. Namun, baja modern industrial diperkenalkan oleh Henry Bessemer pada tahun 1856. Baja kemudian menjadi bahan yang murah. Melansir dari laman 22 Laser, berikut ini adalah beberapa jenis baja yang perlu diketahui.

1. Stainless Steel

Jenis baja pertama yang sering digunakan adalah stainless steel. Jenis baja ini adalah jenis baja yang sering didengar dan ditemui pada benda sehari-hari. Baja jenis ini merupakan baja yang tahan lama dan anti karatan. Bahan baja ini juga memiliki warna krom yang menambah estetika pada sebuah benda.

Selain tahan karatan, baja stainless juga merupakan jenis baja yang tahan dengan goresan, tahan asam atau berbagai unsur lainnya. Stainless steel biasanya digunakan untuk peralatan masak, peralatan rumah, peralatan bedah, dan lain sebagainya.

2. Baja Karbon Tinggi

Jenis baja kedua adalah baja karbon tinggi. Baja ini merupakan baja yang umum digunakan di dalam industri. Baja ini disebut sebagai baja karbon tinggi karena kandungan karbonnya antara 0,56%-1,7% dari total baja jadi.

Baja jenis ini memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan benda-benda lain. Maka dari itu, baja ini sering digunakan sebagai bahan material berbagai perkakas kerja. Selain itu, baja ini juga digunakan untuk kabel atau kawat baja, pahat, gunting, kapak, mata gergaji, hingga pegas.

3. Baja Karbon Rendah

Selain baja karbon tinggi, jenis baja lain adalah baja karbon rendah. Baja jenis ini memiliki kandungan karbon yang rendah. Kandungan karbon di dalam baja ini hanya 0,025%-0,25%. Baja ini juga dikenal sebagai mild steel.

Baja jenis ini merupakan baja yang memiliki sifat gampang dibentuk, mudah dilas, dan juga memiliki kekuatan yang kokoh. Baja karbon rendah ini biasanya dibuat pelat baja, bodi kendaraan, struktur bangunan, rel, hingga sekrup.

4. High-Speed Steel

Jenis baja selanjutnya adalah High-Speed Steel. Baja jenis ini juga dikenal sebagai HSS. ini merupakan jenis baja dengan varian yang paling kuat. Baja ini disebut sebagai high speed karena pada mulanya, jenis baja ini dipakai untuk perkakas atau alat manufaktur kecepatan tinggi.

Bahan baja HSS berupa campuran baja dengan tungsten, kobalt, molibdenum, dan juga krom. Tingkat kekakuannya tergantung pada logam apa yang digunakan sebagai campuran. Baja ini sangat keras sehingga bisa memotong logam lain. Umumnya baja jenis ini dipakai untuk gergaji, bor, atau berbagai jenis perkakas yang memerlukan kecepatan tinggi.

5. Aluminum Steel

Jenis baja terakhir adalah aluminum steel. Jenis baja ini merupakan logam yang memadukan antara baja dan alumunium. Keduanya tidak dilebur, namun hanya dicelup secara lembaran di kedua sisinya dengan alloy aluminium-silikon.

Jenis baja ini memiliki tekstur yang sangat mulus dan sangat awet. Baja ini juga bisa menjadi penghantar panas yang bagus. Umumnya dipakai untuk pemanas air, oven, perapian, dan pemanggang makanan.

Keunggulan Baja

Baja sebagai bahan bangunan memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis bahan lainnya. Maka dari itu, berikut ini adalah keunggulan baja yang perlu Anda ketahui:

1. Memiliki kekuatan tinggi. Baja merupakan bahan yang beratnya yang cenderung ringan. Selain itu, baja juga memiliki kekuatan yang tinggi. Sehingga ini bisa membuat bangunan menjadi lebih kokoh.

2. Keseragaman. Baja memiliki sifat yang tidak mudah berubah terhadap waktu. Sifat itu berbeda dengan struktur beton yang dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Elastis. Selain kuat, baja juga memiliki sifat elastis. Baja mengikuti hukum Hooke yang mencapai tegangan tinggi.

4. Permanen. Portal baja yang mendapatkan perawatan baik akan memiliki umur yang sangat panjang. Bahkan, pada kondisi tertentu, baja tidak memerlukan perawatan sama sekali.

Comments.

  • Harry Davidson

    Fruit man saying itself open were. Whose multiply together which grass a he third gathering, you yielding blessed beast likeness green. Two kind can\’t divided said stars darkness isn\’t called.

    • Jessica Reed

      Herb is sixth fruitful one multiply fruit won\’t she\’d fowl you, creepeth. To give great a. Open after a won\’t. Sea image.

Leave a Comment.